Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Info kesehatan penyakit jantung dari gejala ciri-ciri jenis penyebab pengobatan perawatan dan cara mencegah agar jantung tetap sehat

Insomnia Dapat Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung

Gangguan tidur yang dikenal juga dengan istilah insomnia terkadang diabaikan oleh banyak orang dan tidak menganggapnya sebagai suatu masalah kesehatan yang serius. Faktanya, gangguan tidur atau insomnia sebenarnya bisa menimbulkan banyak sekali masalah kesehatan. Dengan kurang tidur, seseorang dapat menjadi cepat lelah dan kurang konsentrasi. Selain itu, insomnia memiliki potensi untuk memicu berbagai penyakit kronis termasuk serangan jantung.


Menurut sebuah hasil penelitian, insomnia kronis bisa mengakibatkan kegelisahan dan depresi. Tidak hanya itu saja, para peneliti dari Norwegia mengungkapkan fakta bahwa insomnia hingga larut malam berpotensi terhadap penyakit jantung dibandingkan dengan orang-orang dengan jam istirahat yang normal. Sementara itu, hasil sebuah survei yang diselenggarakan National Sleep Fondation mengungkapkan bahwa sekitar 63 persen responden tidak bisa memperoleh kesempatan tidur yang cukup, dan sekitar 43 persen menyatakan bahwa mereka jarang atau bahkan tidak pernah memperoleh tidur yang cukup setiap minggunya.

Hasil penelitian terdahulu juga menunjukkan adanya kaitan antara insomnia dengan tekanan darah di dalam tubuh. Di sisi lain, hanya beberapa hasil penelitian yang menitikberatkan pada efek para pengidap insomnia terhadap serangan jantung. Selain gangguan tidur, serangan jantung dapat disebabkan oleh obesitas dan kolesterol tinggi yang memicu tekanan darah menjadi naik. Orang yang sering mengalami kesulitan tidur hampir setiap malam dalam jangka waktu berbulan-bulan mempunyai resiko 45% lebih tinggi terkena serangan jantung. Selain itu, bangun di pagi hari dengan keadaan perasaan tidak tenang dan tubuh yang tidak segar ternyata memiliki resiko 27% lebih tinggi terserang penyakit jantung.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang sulit tidur dengan cepat dan berkualitas. Penyebabnya bisa karena sedang memikirkan sesuatu seperti deadline pekerjaan, maalah keluarga dan masih banyak lagi. Kiat awal agar dapat cepat tidur adalah dengan selalu memfokuskan diri untuk tidur dan bukan yang lain. Langkah selanjutnya yang bisa dicoba agar waktu istirahat atau tidur terasa bermakna adalah dengan tidak melakukan berbagai aktifitas yang membuat lupa waktu untuk tidur.

Selain itu, tips sehat untuk sulit tidur dapat disebabkan oleh makan malam yang berat sebelum waktu tidur. Makanan yang berat akan memaksa kinerja sistem pencernaan menjadi meningkat sehingga seseorang akan mengalami kesulitan tidur. Berat badan bisa menjadi bertambah akibat makanan berat yang tidak dapat diolah dengan sempurna ketika tidur. Bila memang ingin mengkonsumsi makanan yang berat, sebaiknya makan sekitar 2.5 jam sebelum menjelang waktu tidur. Hindari juga jenis-jenis minuman yang mengandung kafein karena dapat mebuat terjga hingga larut malam. Sebagai gantinya, minumlah susu hangat sebelum waktu tidur karena terbukti dapat membuat tidur menjadi semakin nyenyak dan nyaman. Dengan kualitas tidur yang baik maka resiko serangan jantung pun dapat diminimalisir.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Insomnia Dapat Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung

0 comments:

Post a Comment